Thursday, December 9, 2010

Antara Arisan dan Main Kartu (Masalah Judi)



"Tahu nggak apa itu judi??"


“Judi?? Yang make duit itu kan?”

“Tarohan biasanya itu”

“Paling mantep adu ayam kalo mau judi mah”

“Judi itu yang biasa orang maen malem-malem di pos”

***

Yaa itulah deskripsi judi secara umum di banyak kalangan.

Tapi entah kenapa kalo setiap ada kata “kartu” selalu dikaitkan dengan “JUDI”?? (tebak dadu juga)

Padahal yang jadi inti dari judi itu adalah “sesuatu” yang dipertaruhkan, biasanya uang atau material lainnya yang sifatnya harta benda.

Selain itu adanya suatu “permainan” yang digunakan untuk memperebutkan “sesuatu” itu, entah menggunakan suatu pertandingan, melempar bola, dll.


Tapi bagaimana dengan “ARISAN”???


Sebuah kegiatan yang sudah menjamur terutama di kalangan kaum perempuan Indonesia ini seperti setoran uang dalam jangka waktu tertentu (biasanya seminggu sekali), dan pada waktu yang ditentukan maka akan dipilih siapa dari para penyetor itu yang berhak mendapatkan seluruh uang setoran tersebut (biasanya disebut ‘ngocok’). Dan bergiliran anggota lainnya di waktu lain sampai habis.

Sekilas tak ada apa-apa dari kegiatan ini, namun bila ditelusuri lebih dalam ini kan sama saja dengan bentuk “JUDI TERSAMAR” seperti kuis undian dan semacamnya??

Gue pernah nanyain perihal ini kepada beberapa orang (perempuan). Dan hasilnya kebanyakan gue malah dimaki-maki. Gue salah apa?? Kan cuma nanya baik-baik bagaimana pandangan orang lain tentang pandangan gue sendiri. Aneh dah, biasa aja kali ...

Pernah gue lagi main kartu remi bareng temen-temen gue (maen kartu doank ga pake taruhan). Ibu-ibu yang lewat mikirnya kalo kita semua itu lagi maen judi. Kenapa gue tahu? Ya tahu aja jelas banget kok dia bilang ke anaknya yang nanya gue ama temen-temen gue lagi ngapain.

“Lagi main judi. Kamu jangan ikut-ikutan mereka yah”

Tuh kurang lebih kata-katanya. Giliran gue mau ngejelasin kalo kami semua nggak maen judi karena ga ada uang atau sesuatu yang jadi taruhan malah disemprot kalo “maen kartu itu sama aja judi”. Apa-apaan itu???

Coba liat sendiri kegiatan ARISAN itu apa bukan sama aja dengan JUDI?????


***

Nih serunya adu argumen gue sama ibu-ibu antara maen kartu dan arisan:

I (Ibu2)
G (Gue)

I: Eh maen kartu remi itu pasti ujung2nya judi.
G: Kata siapa? Tergantung orangnya mau pake taruhan apa kagak. Kalo ga pake taruhan ya bukan judi namanya.
I: Nah itu yang di Las Vegas itu apaan?
G: Lah itu tempat mah emang udah niat buat judi, bukan sekedar maen kartu doank!
I: Tetep aja maen kartu itu judi.
G: Ya gabisa gitu donk! Emang ibu pikir arisan yang tiap bulan dikocok itu bukan judi??
I: Apa-apaan maksud kamu arisan itu judi?
G: Make duit kan?
I: Iya
G: Abis itu diundi kan siapa yang dapet tu duit setoran tiap minggu?
I: Iya
G: Sama aja itu judi, pertama masang taruhan dalam bentuk setoran per minggu. Akhir bulan diundi siapa yang dapet itu duit. Sama aja itu judi, Bu!

(si Ibu mulai kalah tapi masih ngeles)

I: Tapi daripada maen kartu ga jelas gitu ga ada manfaatnya.
G: Emangnya arisan itu nggak ngabisin waktu yang ga ada manfaat?
I: Kan arisan itu bisa ngumpul-ngumpul.
G: Nah ini kita-kita pada ngumpul juga. Iye gak??
Temen2: “YOIIII”
I: Arisan kan bisa dapet duit
G: Tetep aja jatohnya sama-sama judi. Lagian duit yang diputer kagak nambah2, malahan berkurang buat acara arisan itu sendiri.
I: Yang jelas ada unsur kekeluargaannya.
G: Ya apa bedanya, Bu? Kalo yang maen kartu sesama keluarga apalagi rame-rame sama aja ada unsur kekeluargaannya. Malah seru adu strategi, kalo ada ketawanya ada lawakannya ya sama aja kayak ngumpul-ngumpul biasa.
I: Terserah kamu lah ... (pergi meninggalkan battlefield)


Jadi menurut kalian apakah Arisan = Judi???


Terserah kalian mikirnya gimana ...



Bonus!!

Arisannya tante-tante tajir kesepian:



0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates